Rumah Belajar KEMDIKBUD

PORTAL RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD

Portal Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan alamat url http://belajar.kemdikbud.go.id, portal ini menyediakan berbagai bahan belajar serta fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan, juga berisi bahan belajar untuk Guru, bahan belajar siswa, wahana aktivitas komunitas/forum, bank soal dan katalog media pembelajaran. Rumah Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, siapapun yang mau belajar. Portal belajar diharapkan menjadi milik komunitas, dengan pengisian konten dan aktivitas dari dan untuk komunitas belajar. Sedangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam hal ini Pustekkom sebagai inisiator, fasilitator dan regulator.

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang diharapkan dapat membantu para pendidik, peserta didik dan semua lapisan masyarakat mendapatkan sumber belajar. Untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Pustekkom menerapkan model pelatihan dengan Multilevel Training.

Dengan model pelatihan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Rumah Belajar sebagai salah satu Pusat Sumber Belajar. Terutama bagi guru Selain sebagai trainer, trainer/master trainer berfungsi juga sebagai pengelola dan pengisi konten Rumah Belajar.

Secara keseluruhan dengan adanya Rumah Belajar dan aplikasi Manajemen Pelatihan dapat menjadi wahana pengembangan dan peningkatan kompetensi guru dan siswa.

Dalam rangka sosialisasi tersebut, Pustekkom telah melatih Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari 33 provinsi se-Indonesia,

PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR

Di dalam portal atau situs rumah belajar sebagaimana terlihat pada gambar di atas yakni di bagian beranda disediakan fasilitas dan menu yang didesign & diperuntukkan mulai dari jenjang Pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK hingga Perguruan Tinggi. Selain arahnya memudahkan bagi pendidik maupun peserta didik mendapatkan bahan materi seputar pembelajaran juga satu sisi dipersiapkan ke depan menjadi tolak ukur keprofesionalan para pendidik dalam menyesuaikan tuntutan perkembangan zaman.

Untuk itu tidak ada lain bagi seorang guru sebagai pendidik yang professional harus berusaha memahami dan mempelajari portal ini lebih jauh lagi dan tidak sekedar melek IT akan tetapi menambah wawasan IPTEK dengan pola sharing, aktifitas ber-apload dan download.

Adapun fasilitas utama pada Portal Rumah Belajar ada 5 macam sebagai berikut:

Manfaat

  1. Sebagai sumber bahan belajar, meliputi Materi Pokok; Modul Online; Pengetahuan Populer; Bank Soal/Uji Kompetensi; Multimedia Interaktif; Video on Demand (VoD), dan dapat di download dan digunakan sesuai kebutuhan belajar.
  2. Sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi: antar individu pendidik, antar peserta didik, antar sekolah, berbagi ide dan pengalaman, berita, artikel dengan pengguna lainnya melalui fasilitas forum, serta untuk menampilkan profil sekolahnya sebagai subdomain  rumah belajar.
  3. Sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru, meliputi mengembangkan rencana pembelajaran di template RPP, bahan ajar yang sesuai kurikulum dan media pembelajaran (gambar, video, animasi, simulasi, audio, dan presentasi).

LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN PORTAL RUMAH BELAJAR

Untuk memulai langkah menggunakan portal ini adalah dengan menuliskan alamat situs www.belajar.kemdikbud.go.id. Setelah tampil beranda / halaman muka situs maka langkah berikutnya sbb:

  1. Klik menu “Register” yang ada di bagian kanan atas, lalu setelah tampil isilah data yang diminta dengan mengikuti petunjuk yang telah tersedia pada masing-masing kolom hingga berakhir dengan menuliskan kembali kode yang tampil dan mengklik tombol “submit”. Proses registrasi ini sebagai syarat untuk menjadi anggota di dalam portal rumah belajar.
  2. Setelah selesai proses registrasi, klik tombol “sign out”, baru langkah berikutnya dengan meng-klik “Login” agar dapat memasuki menu-menu di dalam portal rumah belajar. Tentunya proses login dengan menuliskan user name dan password yang telah didaftarkan pada proses registrasi sebelumnya.
  3. Jika telah tampil menu-menu seperti pada gambar berikut :

Ini artinya sudah siap kita manfaatkan untuk mengisi konten seperti membuat RPP, membuat bahan ajar berbasis video, animasi, audio, media presentasi powerpoint atau MS OneNote dll. Juga dapat sebaliknya mendownload konten tersebut yang sudah tersedia di dalamnya. Sehingga dapat sharing bersama pendidik dari berbagai daerah di Indonesia yang menjadi komunitas rumah belajar. Selain itu bermanfaat pula bagi peserta didik untuk mendapatkan berbagai bahan pembelajaran yang menarik termasuk bank soal.

Layanan Rumah Belajar hadir diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dan guru di sekolah. Selain menyediakan berbagai materi pengetahuan tingkat SD, SMP dan SMA  juga memberikan ruang untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman secara virtual. Layanan ini akan memberikan alternatif media pendidikan yang sesuai dengan kondisi budaya dan lingkungan pendidikan di Indonesia. Seperti kita ketahui masih kurang sekali alternatif media pendidikan yang berbasiskan internet dalam dunia pendidikan Indonesia dan masih kalah jika dibandingkan dengan konten dan media yang berasal dari luar negeri. Melalui layanan Rumah Belajar ini, maka keragaman materi belajar, model interaksi belajar dan kemasan konten disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Pemanfaatan Rumah Belajar diharapkan memberikan pengaruh terhadap terbentuknya:

1. Pembinaan guru secara berkelanjutan

2. Pengembangan kreatifitas siswa

3. Pengembangan komunitas

Terbentuknya 3 kondisi di atas dikarenakan beberapa proses yang terjadi di dalam Rumah Belajar sehingga membentuk beberapa aktifitas mandiri yang bermanfaat bagi pembentukan dampak positif terhadap pengguna Rumah Belajar baik guru, peserta didik ataupun masyarakat (komunitas) yang secara aktif memanfaatkan layanan‐layanan di dalam Rumah Belajar sesuai dengan kapasitasnya.

Sumber :

https://ahmadaryus.wordpress.com

https://belajar.kemdikbud.go.id/Dashboard

 

Share This:

Comments

comments