SOAL LATIHAN UKG

SOAL PEDAGOGIK

  1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan
    tertentu adalah:
    a. pengukuran b. pensekoran c. penilaian       d. pengujian       e. evaluasi

    2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
    a. pengukuran      b. pensekoran       c. penilaian      d. pengujian      e. evaluasi

    3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
    a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
    b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
    c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
    d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
    e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

    4. Assesmen hasil belajar siswa harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
    a. sahih (valid)     b. objektip,       c. adil,     d. kooperatip;       e. terpadu.

    5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
    a. kognitif       b. afektif         c. psikomotor        d. psikologis      e. kepribadian

    6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
    a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung;
    b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
    c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
    d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
    e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

    7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
    a. lisan      b. prakatik/kinerja      c. penugasan      d. portofolio       e. penilaian diri

    8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
    a. menentukan tujuan penilaian
    b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
    c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
    d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
    e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

    9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
    a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
    b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
    c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pel lain,
    d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
    e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

    10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
    a. menentukan tujuan tes;    b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;

  2. menentukan materi yg diujikan;d. menentukan batas ketuntasan/lulus.e.menyusun kisi-kisi;

    11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
    a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
    b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
    c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
    d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
    e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

    12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.
    a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
    b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
    c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
    d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;organisasi, dan karakterisasi dari nilai
    e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai

    13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkanLinn dan Gronlund, kecuali: a. membandingkan b. Menjelaskan       c. hubungan sebab-akibat

  3. memberi alasan..e. meringkas

    14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
    a. ingatan b. analisis c. perbandingan    d. penyimpulan     e. mencipta

    15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
    a. soal harus sesuai dengan indikator.
    b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
    c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
    d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
    e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.

    16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah penilaian:
    a. projek     b. kinerja      c. produk     d. portofolio     e. non tes

    17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:
    a. validitas isi          b. validitas prediktif           c. validitas konstruktif       d. Validitas soal.     e. Validitas kunci.

18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi b. kompetensi dasar c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar        e. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil b. obyektif c. valid       d. sistematis        e. akuntabel

20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil     b. obyektif     c. valid    d. sistematis      e. akuntabel

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil     b. obyektif     c. valid    d. sistematis     e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis b. tes lisan c. tes kinerja    d. jurnal     e. portofolio

23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis     b. tes lisan     c. tes perbuatan     d. wawancara     e. portofolio

24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

a. SK KD b. Indikator c. Tujuan pembelajaran    d. Materi pelajaran   e. Sumber belajar.

25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi     b. kontinuitas     c. relevansi     d. keterpakaian       e. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:    a. materi     b. konstruksi     c. bahasa    d. etika     e. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap  akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja   b. produk    c. penugasan     d. lisan     e. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan  pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran  adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar   b. sikap belajar   c. motivasi berprestasi   d. stress belajar   e. aktivitas belajar

29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensii:
a. kognisi    b. kognitif    c. psikomotorik   d. afektif    e. evaluative.

30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM    b. prinsip KKM   c. tujuan KKM   d. manfaat KKM   e. peran KKM
31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.  Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah…
a. tes perbuatan  b. teknik wawancara   c. observasi  d. tes simulasi  e. penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan proposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari…
a. penyusunan kisi-kisi         b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja       d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yg sulit dlm menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya, bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu….
a. uraian objektif dan uraian non-objektif       b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis     d. kesimpulan dan pendapat        e. justifying dan inferring

35. Sebuah penilaian yg meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan criteria yang ditetapkan adalah:a. pilihan ganda b. essay c. tes kinerja   d. tes wawancara   e. merangkum

36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh…
a. Cror and Crow      b. Grondlund      c. Crites      d. Thrustone     e. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini  adalah…
a. tes tertulis     b. tes lisan     c. tes kinerja    d. jurnal    e. portofolio
38. Yang merupakan tes kreativitas adalah…
a. tes verbal b. tes lisan c. tes analisis    d. tes mengelompokkan    e. evaluasi

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan  beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian…
a. project    b. product      c. performance    e Assessment    d. verbal    e. kinerja

40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali….
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. sebagai kontrak pedagogik guru dgn siswa atau satuan pendidikan dgn masyarakat
d. dapat digunakan sebagai evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai bahan pengambilan keputusan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

 

 

Butir Soal dan Kunci Jawaban

  1. Pak Ali ingin melihat keseriusan siswanya dalam mata pelajaran IPS dengan cara mendiskusikan suatu topik kasus kesenjangan sosial di masyarakat. Kegiatan diskusi tersebut membuat Riri semangat karena dilingkungannya banyak orang miskin, dan yang dia lihat ada balita kekurangan gizi. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang menerapkan prinsip belajar …
    perhatian
    B.  motivasi
    C.  aktivitas
    D.  perbedaan individual
    Jawab : A.  Benar, karena perhatian dapat memusatkan pikiran dan perasaan

 

  1. Berbagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut ….
    metode mengajar
    B.  strategi pembelajaran
    C.  teknik pembelajaran
    D.  pendekatan pembelajaran
    Jawab : A.  Benar, karena sesuai dengan definisinya

 

  1. Proses internal yg digunakan seseorang untk memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir sebagai suatu proses kontrol pada komponen tujuan pembelajaran menurut Gagne, Briggs, dan Wagner termasuk dalam kemampuan …
    keterampilan intelektual B.  strategi kognitif   C.  informasi verbal   D.  sikap
    Jawab : B.  Benar, karena sangat mempengaruhi keterampilan intelektual seseorang

 

  1. Strategi pembelajaran yang didasarkan atas kegiatan siswa sebagai pengolah pesan dan guru sebagai fasilitator termasuk strategi pembelajaran ….
    ekspositori B.  deduktif    C.  heuristic   D.  induktif
    Jawab : C.  Benar, karena siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran

    • Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar adalah lingkungan keluarga, yaitu ….
      teman di rumah
      B.  pembantu yang suka mengajarkan siswa
      C.  perhatian orang tua terhadap belajar siswa
      D.  paman yang kadang-kadang bisa mengajarkan siswa
      Jawab : C.  Benar, karena perhatian orang tua sangat memperngaruhi keberhasilan anak

      6.  Seorang anak dipandang memiliki kecerdasan intrapribadi yang tinggi apabila ….
      A.  mampu mempersepsi dunia ruang visual secara akurat
      B.  mampu merespons suasana hati
      C.  mampu memotivasi orang lain
      D.  mampu mengimajinasikan impian dan gagasan diri sendiri
      Jawab : D.  Benar, karena impian dan gagasan diri sendiri merupakan salah satu bentuk kecerdasan intrapribadi

      7.  Pembelajaran konkret yang berkenaan dengan fakta dan kejadian di sekitar lingkungan siswa lebih sesuai diberikan pada siswa kelas …
      A.  5 B.  6    C.  3   D.  4
      Jawab : C.  Benar, karena kelas 3 memang cocok untuk pembelajaran konkret

      8.  Penerapan membelajarkan konsep dan generalisasi pada pembelajaran kelas tinggi dapat dilaksanakan secara …
      A.  logis dan sistematik
      B.  konkret dan interaktif
      C.  produktif dan inisiatif
      D.  formal dan informal
      Jawab : A.  Benar, karena esensi proses pembelajaran kelas tinggi adalah suatu pembelajaran yang dilaksanakan secara logis dan sistematik untuk membelajarkan konsep dan generalisasi

      9.  Pengalaman merupakan proses belajar yang paling baik ketika siswa pernah memperoleh label untuk sesuatu yang dipelajari. Pengalaman tersebut merupakan prinsip belajar …
      A.  kolaboratif   B.  kuantum   C.  kooperatif   D.  tematik
      Jawab : B.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip utama dari prinsip-prinsip kuantum

      10. Strategi untuk mengingat dan mengasimilasi informasi merupakan salah satu rumpun model pemerosesan informasi ….
      A.  sinetik    B.  mnemonic    C.  berpikir induktif   D.  inkuiri ilmiah
      Jawab : B.  Benar, karena siswa dapat dengan mudah menyerap informasi

      11. Memberitahukan tujuan yang diharapkan atau garis besar materi yang akan dipelajari dirancang untuk menentukan kegiatan awal pembelajaran dalam hal …
      A.  menimbulkan motivasi siswa   B.  membuat kaitan   C.  melaksanakan tes awal
      D.  memberi acuan
      Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu kegiatan dari memberi acuan

      12. Dalam pembelajaran individual hendaknya guru harus memperhatikan prinsip ….
      A.  sistematis   B.  kerjasama   C.  belajar tuntas  D.  perhatian
      Jawab : C.  Benar, karena dapat membantu proses pembelajaran yang mengarah pada optimalisasi kemampuan siswa secara individu

      13. Yang harus dilakukan guru dalam kegiatan akhir pembelajaran adalah …
      A.  memberikan tugas dan latihan-latihan
      B.  meninjau kembali penguasaan siswa
      C.  memberikan motivasi
      D.  memberikan bimbingan belajar
      Jawab : B.  Benar, karena meninjau kembali penguasaan siswa merupakan salah satu kegiatan akhir pembelajaran

      14. Pada karakteristik bahan pelajaran/materi pelajaran, substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh merupakan termasuk dalam aspek …
      A.  konsep    B.  fakta    C.  nilai   D.  prinsip
      Jawab : D.  Benar, karena aspek prinsip merupakan substansi isi materi pelajaran yang berhubungan dengan aturan, dalil, hukum, ketentuan, dan prosedur yang harus ditempuh

  1. Kemampuan dasar berkomunikasi dan berperan merupakan kemampuan siswa sebagai prasyarat untuk mengoptimalkan metode ….
    A.  diskusi B.  demonstrasi C.  simulasi    D.  eksperimen
    Jawab : C.  Benar, karena siswa mampu berkomunikasi dan berperan

    16. Pada mata pelajaran IPA, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk membawa lampu senter, baterai, kabel, cutter, isolasi untuk membuat penerangan ruangan melalui percobaan serta mengamati secara proses. Contoh di atas mengisyaratkan bahwa Pak Ali sedang memberi pengalaman kepada siswanya dengan memakai metode …
    A.  demonstrasi    B.  eksperimen   C.  diskusi   D.  simulasi
    Jawab : B.  Benar, karena metode eksperimen adalah materi yang disajikan atau dibahas melalui percobaan serta diamati secara proses

    17. Salah satu fungsi media pembelajaran adalah ….
    A.  sebagai alat hiburan
    B.  peralatan dan pesan yang disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh
    C.  membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
    D.  meningkatkan kualitas proses belajar mengajar
    Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu fungsi media pembelajaran

    18. Salah satu faktor dalam memilih media pembelajaran yang tepat adalah objektivitas, maksudnya pemilihan media…
    A.  jangan didasari oleh kesenangan pribadi semata
    B.  sudah memenuhi syarat-syarat teknis
    C.  disesuaikan dengan rencana pembelajaran
    D.  melihat situasi dan kondisi tempat dan ruangan belajar
    Jawab : A.  Benar, karena faktor objektivitas harus terhindar dari pemilihan media yang didasari oleh kesenangan pribadi
    19. Dalam mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah, pemilihan lingkungan yang tepat sebagai sumber belajar adalah ….
    A.  TMII     B.  Karang Taruna    C.  Museum    D.  Kantor Gubernur
    Jawab : A.  Benar, karena TMII merupakan lingkungan sosial yang berkenaan dengan interaksi siswa dalam kehidupan bermasyarakat

    20. Mengungkapkan kembali pertanyaan dengan cara lain yang lebih mudah dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa (memparafrase) dalam keterampilan bertanya dasar merupakan komponen …
    A.  pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat
    B.  pemberian tuntunan
    C.  penyebaran
    D.  pemberian acuan
    Jawab : B.  Benar, karena pertanyaan yang tidak dapat dijawab siswa guru tidak boleh tinggal diam, guru harus memberi tuntunan yang memungkinkan siswa mampu membri jawaban yang diharapkan

    21. Menghindari atau mengurangi pertanyaan yang hanya dijawab oleh seorang siswa, sebagai gantinya siswa diminta mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dalam pasangan atau kelompok kecil. Cara tersebut merupakan salah satu cara dalam keterampilan bertanya lanjut pada komponen …
    A.  pengubahan tuntutan kognitif dalam menjawab pertanyaan
    B.  pengaturan urutan pertanyaan
    C.  penggunaan pertanyaan pelacak
    D.  peningkatan terjadinya interaksi
    Jawab : D.  Benar, karena merupakan salah satu cara dalam peningkatan terjadinya interaksi

    22. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan memberikan penguatan terdiri dari, kecuali ….
    A.  meningkatkan perhatian siswa
    B.  memudahkan siswa belajar
    C.  menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa
    D.  mendorong munculnya perilaku yang negatif
    Jawab : D.  Salah, karena tujuan memberi penguatan mendorong munculnya perilaku yg positif

    23. Pak Ali memberikan pertanyaan kepada salah seorang siswanya bagaimana proses terjadinya hujan, siswa tersebut menjawab dengan tepat sehingga Pak Ali puas. Lalu pak Ali mengacungkan jempol kepada siswa yang menjawab dengan tepat. Tindakan pak Ali tersebut merupakan memberi penguatan non verbal dengan cara …
    A.  mimik dan gerakan badan
    B.  gerak mendekati
    C.  sentuhan
    D.  kegiatan yang menyenangkan
    Jawab : A.  Benar, karena mengacungkan jempol menandakan kepuasan guru sebagai penguatan dengan cara gerakan badan

    24. Dalam kegiatan pembelajaran, tujuan mengadakan variasi terdiri dari, kecuali ….
    A.  melayani gaya belajar siswa yang beraneka ragam
    B.  meningkatkan keaktifan atau keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran
    C.  memelihara iklim kelas yang kondusif
    D.  menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar
    Jawab : C.  Salah, karena merupakan salah satu tujuan memberi penguatan

  2. Pak Ali mengajukan pertanyaan kepada salah seorang siswa yang sedang sibuk sendiri, setelah berdiam sejenak sambil memandang siswa yang sibuk sendiri pak Ali kemudian menunjuk siswa yang sibuk sendiri. Contoh tersebut dilakukan pak Ali untuk mengadakan variasi dalam bentuk …
    A.  variasi suara
    B.  pemusatan perhatian
    C.  kesenyapan
    D.  mengadakan kontak pandang
    Jawab : C.  Benar, karena variasi dari keadaan ada suara ke kesenyapan yang tiba-tiba akan memberi pengaruh kepada siswa

    26. Kegiatan menjelaskan pada keterampilan menjelaskan bertujuan untuk ….
    A.  meningkatkan keterlibatan siswa dalam memecahkan berbagai masalah melalui cara berfikir yang lebih sistematis
    B.  membimbing siswa menjawab pertanyaan “apa” yang muncul dalam proses pembelajaran
    C.  mengatasi kekurangan berbagai sumber belajar
    D.  memperkirakan tingkat pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan guru
    Jawab : A.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menjelaskan

    27. Pada mata pelajaran Matematika, Pak Ali memberi tugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal menghitung luas suatu bidang. Lalu Pak Ali memberikan rumus tentang menghitung luas suatu bidang. Dalam contoh tersebut Pak Ali sedang memberikan keterampilan merencanakan penjelasan dalam bentuk …
    A.  menganalisis karakteristik penerima pesan
    B.  merencanakan isi pesan
    C.  pemberian tekanan
    D.  penggunaan contoh dan ilustrasi
    Jawab : B.  Benar, karena merupakan salah satu merencanakan isi pesan dalam hal menelaah hukum, rumus, dan prinsip atau generalisasi

    28. Tujuan keterampilan membuka pelajaran adalah memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa, sedangkan tujuan keterampilan menutup pelajaran adalah ….
    A.  menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti
    B.  mengetahui nilai siswa dalam kegiatan pembelajaran
    C.  mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran
    D.  mengetahui keberhasilan guru dalam memberikan evaluasi
    Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu tujuan keterampilan menutup pelajaran

    29. Pada mata pelajaran Sains, Pak Ali membawa alat bantu mengajar berupa model “Rangka tubuh manusia”. Pada kegiatan tersebut Pak Ali sudah menerapkan keterampilan membuka pelajaran dengan cara …
    A.  menimbulkan motivasi
    B.  menarik perhatian
    C.  memberi acuan
    D.  membuat kaitan
    Jawab : B.  Benar, karena menggunakan alat bantu mengajar merupakan salah satu cara menarik perhataian pada komponen membuka pelajaran

    30. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Ibu Ani membacakan cerita tentang “Udi Berusaha Jujur”. Pada akhir cerita Ibu Ani memberi tugas untuk membuat ringkasan dari cerita tersebut. Ringkasan cerita tersebut merupakan penerapan komponen keterampilan menutup pelajaran dalam hal …
    A.  menilai B.  memberi tindak lanjut C.  meninjau kembali

  3.  membuat kaitan
    Jawab : C.  Benar, karena dalam meninjau kembali ada dua cara, yaitu; merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan pada keterampilan menutup pelajaran

    31. Kegiatan yang dilakukan guru dalam membuka dan menutup pelajaran harus relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut sesuai dengan prinsip ….
    A.  berurutan
    B.  berkesinambungan
    C.  keterkaitan
    D.  bermakna
    Jawab : D.  Benar, karena sesuai dengan definisi prinsip bermakna

    32. Dalam sebuah diskusi Pak Ali melihat Budi terlalu aktif dengan mendominasi seluruh pertanyaan dan pandangannya tentang terjadinya banjir. Dengan bijaksana lalu Pak Ali mencegah monopoli yang dilakukan Budi. Pencegahan yang dilakukan Pak Ali sesuai dengan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada komponen ….
    A.  memperjelas masalah
    B.  menganalisis pandangan
    C.  menyebarkan kesempatan berpartisipasi
    D.  menguraikan pendapat
    Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu cara menyebarkan kesempatan berpartisipasi

    33. Pada mata pelajaran KTK terjadi kegaduhan dengan adanya gangguan di luar kelas, melihat hal ini lalu Pak Ali melihat setiap siswa dengan seksama untuk melakukan interaksi dengan seluruh siswanya, baik secara individu maupun secara kelompok. Dalam keterampilan mengelola kelas, hal yang dilakukan Pak Ali adalah ….
    A.  menunjukkan sikap tanggap
    B.  membagi perhatian
    C.  memberi penguatan
    D.  memberikan petunjuk yang jelas
    Jawab : A.  Benar,  karena sikap tanggap guru dapat ditunjukkan dengan cara memandang secara seksama

    34. Dalam keterampilan mengelola kelas yang harus diperhatikan guru agar efektif adalah ….
    A.  menekankan hal-hal yang positif
    B.  tindakan dan kata-kata guru dapat menggugah siswa untuk belajar
    C.  penggunaan variasi dalam mengajar
    D.  mengulangi penjelasan yang tidak perlu
    Jawab : D.  Salah, karena merupakan hal-hal yang harus dihindari oleh guru

    35. Sebelum memberi tugas Pak Ali terlebih dahulu menjelaskan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini merupakan sikap tanggap Pak Ali terhadap proses kerja siswa pada awal dimulainya tugas tersebut, dengan cara mendekati setiap siswa yang belajar secara perorangan, apakah semua sudah berjalan lancar dan memadai. Kegiatan yang dilakukan Pak Ali merupakan komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam hal ….
    A.  mengadakan pendekatan secara pribadi
    B.  membimbing dan memudahkan belajar
    C.  mengorganisasikan kegiatan pembelajaran
    D.  merencanakan dan melakukan kegiatan pembelajaran
    Jawab : B.  Benar, karena mengembangkan supervisi proses awal merupakan salah satu komponen dalam keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

    36.  Fungsi akselerasi dalam kegiatan remedial adalah ….
    A.  guru dapat mengatasi kesulitan siswa yang berkaitan dengan aspek sosial-pribadi
    B.  guru dapat mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
    C.  kegiatan remedial disesuaikan dengan kesulitan dan karakteristik siswa
    D.  memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
    Jawab : B.  Benar, karena sesuai dengan definisi fungsi akselerasi

    37. Dalam suatu diskusi, ada satu kelompok yang mengalami kesulitan pada konsep dasar tentang terjadinya banjir. Lalu guru menjelaskan kembali terjadinya banjir. Kegiatan yang dilaksanakan guru tersebut merupakan bentuk kegiatan remedial ….
    A.  tutorial
    B.  sumber yang relevan
    C.  kegiatan kelompok
    D.  mengajarkan kembali
    Jawab : A.  Benar, karena tutorial merupakan kegiatan guru meminta bantuan kepada siswa yang pandai

    38. Adi dalam kegiatan pengayaan membantu menjelaskan kepada siswa lain dalam memahami proses terjadinya gerhana bulan. Jenis kegiatan pengayaan yang dilakukan melalui Adi terhadap teman-temannya adalah mengembangkan ….
    A.  media pembelajaran
    B.  latihan
    C.  sumber pembelajaran
    D.  tutor sebaya
    Jawab : D.  Benar, karena tutor sebaya membantu siswa lain memahami materi pelajaran dalam menambah wawasan pengetahuan siswa

    39.  Dalam melaksanakan kegiatan pengayaan, menurut Arikunto faktor yang harus diperhatikan guru pada siswa adalah ….
    A.  kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa
    B.  kegiatan yang disukai siswa hanya di belakang meja
    C.  kegiatan yang sifatnya penjelasan
    D.  kegiatan yang menuntut waktu lama
    Jawab : A.  Benar, karena kegiatan di luar kelas lebih disukai oleh siswa daripada kegiatan di dalam kelas
    40. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas V untuk meringkas cerita tentang terjadinya gerhana. Setelah ringkasan dikumpulkan, Pak Ali memeriksa ringkasan Budi, hasilnya sangat bagus, dan memuji ringkasan Budi. Ketika memeriksa ringkasan Adi, Pak Ali merasa ringkasan Adi kurang baik dan tidak lengkap. Lalu Pak Ali meminta Adi untuk memperbaiki ringkasannya. Kegiatan Pak Ali dalam memberi tugas kepada Adi merupakan kegiatan pengelolaan kelas didasarkan pada pendekatan ….
    A.  iklim sosio-ekonomi
    B.  iklim sosio-emosional
    C.  proses kelompok
    D.  modifikasi tingkah laku
    Jawab :
    D.  Benar, karena contoh kegiatan tersebut membantu siswa mempelajari tingkah laku yang diharapkan melalui penerapan prinsip- prinsip yang berasal dari teori penguatan

    41. Di tengah-tengah inti pembelajaran, Pak Ali memberi pertanyaan “Bagaimana proses terjadinya hujan” kepada Susi, sejenak Susi berpikir, lalu teman yang lain mencemoohkan agar Susi cepat menjawab. Padahal pertanyaan itu sering dialami oleh Susi. Lalu Pak Ali memberi rambu-rambu tentang terjadinya hujan. Contoh tersebut merupakan masalah ….
    A.  pengelolaan kelas
    B.  pengelolaan pembelajaran
    C.  mengembangkan latihan
    D.  mengembangkan media
    Jawab : B.  Benar, karena dalam pengelolaan pembelajaran ketidaktahuan menjadi masalah

    42. Pada mata pelajaran IPS, Pak Ali ingin para siswa untuk berdiskusi secara kelompok, sebelum dimulai siswa diharuskan menata bangku setengah lingkaran agar seluruh peserta diskusi dapat saling memandang, dan semua penjelasan Pak Ali sebelum diskusi dimulai dapat didengar dengan baik oleh seluruh siswa. Kegiatan penataan lingkungan fisik kelas tersebut sesuai dengan prinsip ….
    A.  visibility
    B.  accessibility
    C.  flexibility
    D.  comfortableness
    Jawab : C.  Benar, karena flexibility artinya barang-barang yang ada di dalam kelas mudah ditata dan dipindah-pindahkan

    43. Pak Ali memberi tugas kepada siswa kelas VI untuk mendiskusikan masalah terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Lalu Pak Ali membagi 5 kelompok dengan jumlah siswa 6 orang per kelompok. Pada saat memanas Ani merasa lebih pintar lalu mendominasi kegiatan diskusi tersebut. Adi lalu mengambil alih keadaan tersebut dengan memberikan kesempatan yang lain untuk memberi masukan. Pengambilalihan oleh Adi merupakan pengaruh psiko-sosial antarsiswa di kelas dalam hal ….
    A.  norma
    B.  kebersamaan
    C.  persahabatan
    D.  kepemimpinan
    Jawab : D.  Benar,karena pengambilalihan yg dilakukan Adi merupakan tugas seorang pemimpin

    44. Pada penerimaan siswa baru di SD Darma Karya, salah satu yang harus diperhatikan adalah mengambil formulir pendaftaran, dengan peminat yang banyak, lalu para orang tua mengantri dengan sabar pengambilan formulir tersebut. Contoh proses penerimaan siswa baru tersebut menunjukkan suatu ….
    A.  disiplin
    B.  kesabaran
    C.  kebudayaan
    D.  kebiasaan
    Jawab : A.  Benar, karena disiplin merupakan suatu aturan dan ketaatan

    45. Pada pelajaran IPS di kelas V, Budi dan Hasan yang duduk di belakang berbicara berdua hingga mengganggu proses pembelajaran. Untuk menangani kejadian tersebut lalu Pak Ali memindahkan Hasan duduk di paling depan. Tindakan Pak Ali tersebut telah melakukan strategi penanganan disiplin kelas dalam hal ….
    A.  menangani gangguan ringan
    B.  menangani prilaku agresif
    C.  menangani gangguan berat
    D.  menangani gangguan sedang
    Jawab : B.  Benar, karena termasuk dalamperilaku agresif

  4. Budi sebagai ketua kelas diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat aturan kelas. Salah satunya adalah siswa diharuskan sebelum pelajaran dimulai membuat cerita sesuai dengan topik yang akan dipelajari. Tugas yang diberikan guru tersebut merupakan penanaman disiplin kelas dalam hal ….
    A.  aturan secara fleksibel
    B.  meningkatkan partisipasi siswa
    C.  menyesuaikan aturan sesuai dengan tingkat perkembangan anak
    D.  melibatkan guru
    Jawab : B.  Benar, karena siswa langsung dilibatkan untuk menanamkan disiplin kelas

    47. Arah dari suatu program pembelajaran berupa standar kompetensi, hal tersebut merupakan komponen perencanaan pembelajaran dalam hal ….
    A.  tujuan
    B.  materi
    C.  strategi
    D.  penilaian
    Jawab : A.  Benar, karena merupakan komponen tujuan

    48. Dalam penyusunan silabus prinsip yang harus diperhatikan adalah ….
    A.  bersifat fleksibel
    B.  berdasarkan kondisi siswa
    C.  memenuhi kebenaran ilmiah
    D.  berdasarkan kurikulum yang berlaku
    Jawab : C.  Benar, karena merupakan salah satu prinsip silabus

    49. Sebelum pelajaran dimulai guru mengulang materi yang lalu dan mengadakan pretes. Kegiatan yang dilakukan guru yang efektif adalah ….
    A.  menyiapkan materi baru
    B.  menyediakan balikan
    C.  melakukan review harian
    D.  menyediakan koreksi
    Jawab : C.  Benar, karena guru yg efektif memulai pembelajaran dengan mereviu materi yg lalu

    50. Salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah yang efektif adalah ….
    A.  belajar secara aktif
    B.  kerjasama antardisiplin
    C.  peranan pengajar
    D.  belajar mandiri
    Jawab : A.  Benar, karena belajar secara aktif merupakan salah satu ciri kelompok belajar berbasis masalah

 

 

Share This:

Comments

comments

2 thoughts on “SOAL LATIHAN UKG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *